Unta - Angeloux

Mitos Punuk Unta

Mitos Punuk Unta

Banyak orang percaya bahwa punuk unta berisi cadangan air minum bagi si unta. Ternyata hal itu salah, punuk unta berisi lemak yang berfungsi utama sebagai cadangan makanan. Punuk unta dapat berisi lemak sampai 36kg dan jika lemak ini digunakan saat makanan langka, punuk akan mengempis. Punuk akan kembali seperti semula jika si unta mendapat makan dan tidur yang cukup.

Lalu, bagaimana unta bertahan hidup digersangnya padang pasir yang panas?

Ada beberapa cara unta beradaptasi mengatasi lingkungan gurun :

  1. Unta mampu minum hanya sekali setiap 10 hari sekali hingga kehilangan 30% berat badannya karena dehidrasi.
  2. Bentuk sel darah merah unta pun berbeda dari mamalia lainnya, yaitu berbentuk lebih oval. Hal ini memungkinkan peredaran darah yang lebih lancar saat dehidrasi.
  3. Bentuk hidung yang sedikit menutup memungkinkan unta untuk menangkap uap air dari hembusan nafas yang nantinya akan diserap kembali oleh tubuh.
  4. Ginjal dan usus unta sangat efisien dalam menyerap air, sehingga air kencing unta sangat kental seperti sirup dan kotoran unta sangat kering.
  5. Punuk unta pun memiliki fungsi sebagai insulasi karena jumlah lemak yang banyak dan juga memiliki bulu yang lebih tebal dibanding bagian tubuh lainnya untuk melindungi dari panas.

Foto :¬†Emmanuel FAIVRE – Pris au zoo d’Amn√©ville via Wikipedia (kiri) | Wikipedia (kanan) | Angeloux via Flickr (Gambar Fitur)

Sumber : Livescience | Lund University | Wikipedia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *