Ikan-ikan Fantastis Kepulauan Maluku Abad 18

Cover Poissons
Cover Buku “Poissons, ecrevisses et crabes, de diverses couleurs et figures extraordinaires, que l’on trouve autour des isles Moluques et sur les côtes des terres Australes

Poissons, ecrevisses et crabes, de diverses couleurs et figures extraordinaires, que l’on trouve autour des isles Moluques et sur les côtes des terres Australes adalah sebuah buku yang terbit pada tahun 1719 yang berisi gambar ilustrasi berwarna bermacam-macam ikan yang hidup di sekitar kepulauan Maluku pada abad 18. Secara harfiah judul buku ini berarti : “Ikan, Udang, dan Kepiting yang Memiliki Ragam Warna dan Bentuk Menakjubkan, yang Ditemukan di Sekitar Kepulauan Maluku dan di Sepanjang Pantai Selatan”, dan ditulis oleh seorang imigran dari Perancis yang tinggal di Belanda bernama Louis Renard.

Poissons Ilustrasi 3
Ilustrasi Ikan 1

Walaupun buku ini menggambarkan ikan dan makhluk laut yang hidup di kepulauan Maluku, Renard sendiri tidak pernah meninggalkan Belanda selama proses pembuatan buku ini. Seniman Belanda bernama Samuel Fallours yang bekerja sebagai tentara VOC di kepulauan Maluku yang menggambar sebagian besar ilustrasi yang digunakan Renard dalam bukunya.

Poissons Ilustrasi 2
Ilustrasi Ikan 2

Theodore W. Pietsch, seorang ichthyologist, yang meneliti buku ini mengatakan bahwa selain ikan dan makhluk hidup nyata, Fallours juga menyisipkan makhluk-makhluk fantasi seperti putri duyung. Selain itu, warna-warna terang yang digunakanpun tidak akurat dengan kenyataan. Menurutnya, hal ini mungkin dilakukan oleh Fallours agar bukunya menjadi lebih menarik untuk dibeli kolektor dari Eropa.

Putri Duyung
Putri Duyung

Jumlah hewan yang digambarkan ada lebih dari 450 ekor. Penelitian lebih lanjut mengungkap bahwa hanya 90% hewan yang digambarkan di buku ini dapat diidentifikasi sampai tingkat spesiesnya dan 10% sisanya merupakan khayalan dari Samuel Fallours. Menurut Pietsch,  walaupun tidak semua hewan yang digambarkan nyata, buku ini bernilai tinggi dari segi sejarah ilmu sains abad 17 dan 18.

Sumber : Biodiversity Heritage Library | Public Domain Review

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *